SELAMAT DATANG DI BLOGGER FITRI FITRIANI, BLOG INI HANYA UNTUK SHAREING PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN.. !!! TRIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG FITRI FITRIANI...:)

Kamis, 25 April 2013

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENDALI MOBIL MINIATUR MENGGUNAKAN USB BERBASIS MIKROKONTROLER ATTINY 2313



PENGEMBANGAN APLIKASI  PENGENDALI  MOBIL MINIATUR MENGGUNAKAN USB BERBASIS MIKROKONTROLER ATTINY 2313




Tugas Akhir
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Penyelesaian Studi di Jurusan Teknik Komputer



Oleh:
PIPIT FITRIANI
1000012








JURUSAN TEKNIK KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2013



BAB I

PENDAHULUAN


1.1              LATAR BELAKANG MASALAH
                Dengan adanya perkembangan teknologi robotika banyak robot – robot di ciptakan manusia sesuai dengan fungsi dan kegunaan robot itu sendiri, maka dari itu manusia di tuntut agar dapat menciptakan pengontrolan robot secara otomatis sesuai dengan kemampuan manusia. Dalam teknologi komputer, dikenal sistem pengendalian dimana komputer dapat berinteraksi dengan perangkat luar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang bermanfaat. Untuk menciptakan data – data digital dari sinyal masukan yang diberikan pengguna melalui perangkat input pada komputer, kemudian data yang di masukan di kirim melalui port.
              USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. USB ini merupakan standar interface sebuah device. USB akan berfungsi jika dihubungkan dengan port USB. Port USB merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai alat eksternal seperti scanner, printer, mouse, flashdisk atau keyboard dengan komputer atau laptop yang kita gunakan. Tanpa adanya USB ini maka kita tidak akan dapat menghubugkan apapun dengan komputer atau laptop kita.
            Sebelumnya sudah ada penelitian yang membahas Perancangan Sistem Navigasi Mobil Miniatur Menggunakan Kamera Berbasis Komputer” yang mencakup pada pengendalian remot control yang di kendalikan menggunakan kabel Pararel Port atau sering disebut dengan  Printer Port atau merupakan jenis antarmuka pada komputer untuk menghubungkan berbagai jenis peripheral (Rizal Farizal, 2009). Belum ditemukan penelitian yang menggunakan USB Port. Padahal dalam teknologi apapun yang sering kita kenal menghubungkan teknologi A dengan B selain menggunakan Bluetooth maka kita sering mengguakan USB port. Oleh karena itu penelitian ini akan mengambil judul “PENGEMBANGAN APLIKASI  PENGENDALI  MOBIL MINIATUR MENGGUNAKAN USB BERBASIS MIKROKONTROLER ATTINY 2313”.
1.2              RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, sehingga dapat di rumuskan yaitu bagaimana cara mengendalikan mobil miniatur ini dengan menggunakan USB Port.

1.3              BATASAN MASALAH
Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat dilihat batasan masalah yang akan di ambil adalah :
1.      Penerapan Aplikasi mobil miniatur ini menggunakan Pemograman Delphi 7.
2.      USB port merupakan  standar interface sebuah device / hubungan serial antara peripheral.

1.4              TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dalam Tugas Akhir ini, penulis membuat suatu aplikasi pengendali mobil miniatur menggunakan USB berupa Interface / Antarmuka pada laptop, notebook, Komputer, agar dapat mengendalikan mobil jarak jauh dengan memberikan masukan data kemudian data tersebut di transmisikan melalui USB yang akan di teruskan ke perangkat pengendali yang di hubungkan dengan remote control sebagai pengendali robot.

1.5              METODE PENELITIAN
Dalam pembuatan penelitian ini, metode – metode yang di gunakan adalah sebagai berikut :
1.5.1                                Metode Pengumpulan Data
a.         Studi Kepustakaan
     Dalam penyusunan Tugas Akhir, beberapa buku digunakan sebagai referensi. Buku – buku referensi tersebut digunakan dengan tujuan memperoleh penjelasan yang bersifat teoritis.
b.         Wawancara / Konsultasi
     Dengan metode ini penyusunan berkonsultasi dengan dosen pembimbing dan orang yang menguasali ilmu elektronika.

1.5.2                                Metode Prancangan Sistem
1.5.3                                Desain system



1.6              MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang di ambil pada Tugas Akhir ini yaitu Penerapan proses  Aplikasi mobil miniatur menggunakan USB sehingga dapat di kendalikan jarak jauh dan dapat di kendalikan menggunakan laptop, notebook, dan juga komputer.

1.7              SITEMATIKA PENULISAN
Dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini sistematika penulisannya seperti dibawah ini :
BAB I                 :  PENDAHULUAN
                               Berisi latar belakang permasalahan, Rumusan  masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian,  Metode Penelitian, Manfaat Penelitian, Sistematika Penulisan, dan Rencana Kegiatan.
BAB II              :   LANDASAN TEORI
                               Berisi sumber – sumber dasar pemikiran dan teori – teori yang dibutukhan dalam Pengembangan Aplikasi Mobil Miniatur menggunakan USB.
BAB III                 :  PERANCANGAN SISTEM
                               Berisi hal – hal yang berkaitan dengan proses perancangan dan pembuatan desain interface Aplikasi Mobil Miniatur menggunakan USB.
BAB IV                 :  IMPLEMENTASI
                               Menjelaskan tentang proses penerapan hasil perancangan sistem, dan proses pengujian yang di peroleh dari penelitian dan pembahasan yang ingin di capai.
BAB V                  :  KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini di ambil kesimpulan tentang hasil perancangan dan implementasi dari pengembangan Aplikasi mobil miniatur menggunakan USB.

1.1  Daftar Pustaka
-          Farizal Rizal.2009.Perancangan Sistem Navigasi Mobil Miniatur Menggunakan Kamera Berbasis Komputer” Proposal.
 



5 komentar:

  1. salam kenal fitri
    saya juga anak elektro kontrol yang lagi belajar mikrokontroler dan blog

    BalasHapus
  2. asalamualaikum teh. bileh minta pendapat tentang microcontroler

    BalasHapus
  3. mba fitri :) saya mau tanya itu inputan mikro dr komputer bukan?

    BalasHapus