SELAMAT DATANG DI BLOGGER FITRI FITRIANI, BLOG INI HANYA UNTUK SHAREING PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN.. !!! TRIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOG FITRI FITRIANI...:)

Kamis, 04 Juli 2013

TINJAUAN JARINGAN KOMPUTER DI THANIA.NET



TINJAUAN JARINGAN KOMPUTER DI THANIA.NET

LAPORAN PENELITIAN

Karya tulis disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah
Jaringan Komputer


Disusun Oleh :
PIPIT FITRIANI
NPM. 1000012




JURUSAN TEKNIK KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
      2012





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang sangat terasa dalam kehidupan sangat bermanfaat membantu permasalahan dalam proses suatu kegiatan. Kegiatan yang umumnya menggunakan peranan teknologi informasi Contohnya Warnet, warnet juga sangat menguntungkan bagi kita karena warnet bisa membantu kita untuk mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan kita masing -  masing. Dan warnet juga mampu untuk melakukan Instalasi dan setting untuk sebuah Warung Internet (Warnet) selama ini dianggap hanya dimiliki oleh mereka yang sudah lama berkecimpung didunia IT Administrator. Dengan mematok biaya yang cukup lumayan mereka bersedia membantu kita dalam membangun sebuah Warnet yang hendaknya akan kita gunakan sebagai Unit Produksi. Ketidaktahuan tentang bagaimana sebuah sistem jaringan dapat berjalan lancar adalah alasan utama kita untuk terus menggunakan tenaga mereka. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai penelitian pada warnet Thania.NET yang berada di Jl. Cimanuk.

Pada warnet ini terdapat 8 komputer yang terdiri dari 1 buah komputer server dan 7 buah komputer client yang terhubung satu dengan yang lainya melalui jaringan local dengan menggunakan kabel UTP.

Perkembangan dunia internet pada saat ini telah mencapai suatu tahap yang begitu cepat, sehingga tidak mengherankan apabila di setiap sudut kota banyak ditemukan tempat-tempat internet yang menyajikan berbagai jasa pelayanan internet. Sejarah perjalanan internet dari mulai ditemukan hingga menjadi suatu kebutuhan manusia sampai saat ini sangatlah panjang. Internet adalah jaringan informasi yang pada awalnya (sekitar akhir 1960-an, tepatnya mulai tahun 1969) dikembangkan oleh Departeman Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat (DoD = Departement of Defense USA) sebagai proyek strategis yang bertujuan untuk berjaga-jaga (penanggulangan) bila terjadi gangguan pada jaringan komunikasi umum, khususnya pengaruhnya pada sistem komunikasi militer mereka.

1.2 Tujuan  Penelitian
Adapun Tujuan penulisan dari penelitian  jaringan ini adalah agar mahasiswa dapat:
1.     Mengetahui Bagaimana  jaringan warnet.
2.    Mengetahui berapa anggaran biaya untuk perangkat jaringan komputer, khususnya warnet.
3.    Melakukan penelitian spesifikasi jaringan.
4.    Melakukan analisis terhadap sebuah jaringan.
5.    Selain itu penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah jaringan komputer


1.3   Metodologi penelitian
Adapun metode yang digunakan pada penelitian kerja ini adalah sebagai berikut :
  1.3.1 Metode Pengumpulan Data
1.    Untuk mengumpulkan data primer menggunakan teknik :
a.    Wawancara
Wawancara, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan secara langsung atau lisan dengan berpedoman pada instrument penelitian dalam bentuk pedoman wawancara untuk mendapatkan jawaban langsung dari bagian–  bagian yang terlibat dalam lingkup penelitian ini.
b.    Observasi,
Observasi merupakan cara untuk mengamati secara langsung bagaimana proses komunikasi data yang selama ini berjalan, sehingga dari sis itu dapat diketahui informasi apa saja yang akan dianalisis.

c.    Dokumen
Dokumen yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari berbagai dokumen yang ada pada sistem yang sedang berjalan
2.    Untuk mengumpulkan data sekunder menggunakan teknik studi kepustakaan, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari dan menganalisa beberapa buku yang berkaitan dengan masalah yang berhubungan dengan penelitian ini.

1.4   Waktu dan Tempat

Waktu proses pelaksanaan study lapangan jaringan ini dilaksanakan pada:
Hari                    : Selasa
Tanggal             : 24 Januari 2012
Waktu                : 14.00 WIB
Tempat               : Thania.NET  di Jl. Cimanuk.






 

1 komentar: