Di Ardsley
High School, Zuckerberg mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran klasika sebelum pindah ke Phillips Exeter Academy pada tahun pertamanya,
tempat ia mendapat banyak hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan
fisika) dan ilmu klasik (dalam formulir pendaftaran
perguruan tingginya, Zuckerberg memasukkan bahasa Perancis, Ibrani, Latin, dan
Yunani Kuno dalam kolom bahasa non-Inggris yang bisa ia baca dan tulis) swerta
merupakan seorang bintang anggar dan kapten tim
anggar Di perguruan tinggi, ia dikenal karena mengutip beberapa kalimat dari
puisi-puisi epik seperti The
Iliad.
Pada sebuah pesta yang diadakan persaudaraannya pada tahun kedua
di universitas, Zuckerberg bertemu Priscilla Chan, seorang mahasiswa
Cina-Amerika asal pinggiran kota Boston (Braintree,
Massachusetts), dan mereka terus berkencan, sempat putus sebentar, sejak 2003.
Pada September 2010, Zuckerberg mengundang Chan yang sudah menjadi mahasiswa
kedokteran di Universitas California, San Francisco, untuk
pindah ke rumah sewaannya di Palo Alto. Zuckerberg mempelajari bahasa Cina
Mandarin setiap hari sebagai persiapan kunjungan keduanya ke Cina
pada Desember 2010.[21][22] Pada 2010, Facebook diblokir oleh tembok
api Internet negara itu.
Zuckerberg (kanan) bersama Robert
Scoble tahun 2008.
Di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada
"keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan
berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi,
minimalisme".Zuckerberg lebih enak melihat warna biru karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya; biru juga merupakan
warna dominan di Facebook. Pada Mei 2011, dilaporkan bahwa
Zuckerberg telah membeli rumah berkamar lima di Palo Alto senilai $7 juta.
Pendiri
dan Tujuan
Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada
tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari
Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta dimana Zuckerberg lulus tahun
2002. Ini mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh
siswa disebut sebagai "The Facebook". Direktori foto semacam itu
merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah
swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun
angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka.
Setelah kuliah, Facebook dimulai dari hanya sebagai "barang
Harvard" sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke
sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz.
Mereka pertama kali dimulai dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York
University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang
memiliki kontak sosial dengan Harvard University.
Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama Moskovitz
dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai
kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang
menginvestasikan pada perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama mereka di
pertengahan tahun 2004. Menurut Zuckerberg, mereka berencana untuk kembali ke
Harvard tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California. Mereka telah
menolak tawaran oleh perusahaan besar yang akan membeli Facebook. Dalam sebuah
wawancara pada tahun 2007, Zuckerberg menjelaskan alasannya:
Ini bukan soal uang. Bagi saya dan rekan saya, hal yang paling
penting adalah bahwa kita menciptakan aliran informasi yang terbuka untuk
orang-orang. Perusahaan media yang dimiliki oleh konglomerat hanya bukan ide
menarik bagi saya. Dia mengungkapkan kembali tujuan-tujuan yang sama kepada
majalah Wired di tahun 2010: "Yang saya pedulikan adalah misi, membuat
dunia terbuka." Sebelumnya, pada bulan April 2009, Zuckerberg meminta
nasihat dari mantan CFO Netscape Peter Currie tentang strategi pembiayaan untuk
Facebook.
Pada tanggal 21 Juli 2010, Zuckerberg melaporkan bahwa
perusahaan mencapai angka 500 juta pengguna. Ketika ditanya apakah apakah bisa
mendapatkan penghasilan lebih banyak dari iklan sebagai hasil dari pertumbuhan
yang fenomenal, ia menjelaskan: Saya kira kami bisa ... Jika anda melihat
berapa banyak halaman kami diambil untuk porsi iklan dibandingkan dengan
rata-rata permintaan pencarian. Rata-rata bagi kita adalah sedikit kurang dari
10 persen dari halaman, dan rata-rata untuk pencarian adalah sekitar 20 persen
yang diambil dengan iklan. Itu hal sederhana yang bisa kami lakukan. Tapi kami
tidak seperti itu. Kami menghasilkan cukup uang. Benar, maksud saya, kita
menjaga hal-hal berjalan, kita tumbuh pada tingkat yang kita inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar